Jumat, 24 Juni 2011

Asal Usul Notasi Musik

Kemanapun kita pergi menjelang Natal ini, kita akan selalu mendengar lagu-lagu Natal yang dialunkan, tetapi pernahkah tersirat dalam pikiran Anda pertanyaan, bagaimana asal usulnya dari Notasi Musik tersebut, sehingga kita di seluruh dunia dapat menikmati lagu yang sama dengan melodi yang sama.
Di Ugarit ditemukan beberapa tulisan persegi (dari th 1400 sM) yang menyanyikan lagu2 dalam bhs Huri, disertai sejenis notasi, tetapi tidak berhasil untuk di tiru atau di nyanyikan ulang.
Begitu juga tidak ada kepastian apakah bangsa Ibrani mempunyai suatu sistem notasi, memang telah di usahakan untuk menafsirkan tanda-tanda tekanan suara dari naskah Ibrani, sebagai bentuk notasi, tetapi ternyata tidak berhasil, sebab tanda-tanda tekanan suara itu lebih diperuntukan untuk mengucapkan daripada untuk musik, disamping itu tanda2 tersebut merupakan tambahan yang dibuat dari karya aslinya.
Dengan tidak adanya notasi musik yang dibakukan ataupun yang bisa ditulis, kita tidak akan bisa menyebar luaskan satu karya musik ataupun mewariskannya ke generasi penerus. Karena adanya notasi musik inilah, maka hingga saat ini kita masih bisa tetap menikmati hasil karya dari Bach, Mozart maupun Beethoven.
Siapa sebenarnya pencetus ide dari notasi musik barat modern seperti yang kita kenal sekarang ini? Pada abad ke sebelas (995-1050) seorang rahib dari ordo Benediktin yang bernama Guido dari Arezzo berusaha mengajarkan kepada siswa-siswinya untuk menghafal nada2 dari c-d-e-f-g-a. Karena ia sudah hafal dan sudah akrab di telinganya dengan "Ut Queant Laxis", lagu Kristen mengenai rasul Yohanes, maka ia menciptakan alat mnemonis:
UT-queant laxis
RE-sonare fibris
MI-re gestorum
FA-muli tuorum
SOL-ve pollutis
LA-biis reatum
Sancte Iohannes
Suku kata asli dari kata2 ke enam ungkapan ini telah bisa dijadikan nama nada: ut, te, mi, fa, sol, la. Hingga saat ini kita masih menggunakan sistem ini, hanya untuk kata UT telah dirobah menjadi DO dan setelah La masih ada tambahan Si.
Guido dari Arezzo inilah yang membebaskan ketergantungan manusia pada abad sebelumnya daripada tradisi oral yang turun menurun diwariskan. Karena adanya nada notasi musik inilah maka umat manusia sekarang ini bisa memiliki harta simpanan yang sangat besar berupa ratusan ribu karya musik mulai dari karya musik yang berat, sampai ke lagu2 yang sederhana sampai dengan simfoni2 yang rumit.
Melalui notasi ini pulalah, musik mulai bisa ditulis dan diajarkan dari lembaran musik, teori musik pun bisa di ikuti melalui notasi dengan mana lebih mudah untuk mempelajari sebuah lagu maupun intrument dari musik, dan mulai saat itu pula polifoni (lebih dari satu irama yang bisa dimainkan bersamaan) begitu juga dengan menciptakan keharmonian dalam nada musik maupun lagu.
Dari sekolah Notre Dame di Paris terciptakan motet. Motet adalah awal harmoni empat bagian soprano, alto, tenor dan bas. John C Hatton yang hidup diabad ke 18 (?-1793) telah menciptakan satu melodi yang lebih dikenal dengan nama "Duke Street", berdasarkan nama jalan tempat dimana ia tinggal di St Helen - Inggris. Ternyata melodi ini menjadi sedemikian populernya, sehingga bisa dinilai merupakan melodi yang paling banyak digunakan untuk menciptakan lagu pujian rohani.
Inilah antara lain puji2an yang menggunakan melodi dari "Duke Street": Almighty Father, Bless the Word* Forth in Thy Name, O Lord * From All That Dwell Below the Skies * I Know That My Redeemer Lives * Jesus Shall Reign* O God, Beneath Thy Guiding Hand* O Lord, Thou Art My God and King* Our Lord Is Risen from the Dead. Bagi mereka yang ingin mendengar melodi dari Duke Street silahkan berkujung ke http://www.cgmusic.com/workshop/mus_lm.htm
Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa lagu2 Natal hanya indah untuk dinikmati menjelang saat2 Natal saja, setelah itu rasanya jadi hambar tidak seindah itu lagi, bahkan tidak dapat menyentuh perasaan kita lagi, tidak ada bedanya dengan lagu-lagu pop lainnya?

Kamis, 23 Juni 2011

Tips memilih gitar yang bagus!!

  Teman-teman, bila kamu suka dengan musik tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "gitar", sebagai pemusik biasanya kita akan tahu bagaimana cara-cara memilih gitar listrik yang baik…
Tapi bila kamu masih awam atau mencari cara supaya waktu kamu beli gitar tidak salah pilih, mungkin tips dan trik berikut akan sedikit membantu kamu okeh…!!
Saat ini banyak merek-merek gitar yang terkenal seperti ibanez, gibson, fender, yang beredar di indonesia, tapi apakah benar2 asli, truz berapa sih harga gitar yang bener-bener asli ?
Apakah gitar yang bagus harus mahal?
tentunya tidak…
truz gimana dong.. cZ aku baru mau beli gitar nih…?
jangan kuatir brow… di sini saya akan memberikan pada kmu "tips dan trik memilih gitar listrik ato elektrik yang bagus"…
ini "trik"nya:
1. Saat kmu masuk dan lihat2 ke dalam toko musik, pilihlah gitar yang kira-kira cocok dan membuat kmu merasa lebih pede dengan pake gitar itu.
2. Sesuaikan budgetdengan gitar yang akan kmu beli, so jangan sampai melebihi budget yang kmu punya kecuali duit kamu berlebih…
3.Setelah anda mendapatkan gitar yang kira2 cocok, cobalah kmu mainkan dan petik, dan rasakan saat digenggam..
apakah lebar neck dan jarak fret ke fret nyaman dengan tangan kiri kamu, soalnya ukuran neck berbeda-beda loh..
apabila dalam genggaman terasa nyaman, maka tangan akan terasa bebas bergerak keatas dan kebawah serasa lihai…
4. Faktor utama adalah kualitas suara, jadi perhatikan suara yang di hasilkan gitar yang akan kamu beli.
Caranya :
Bilang kepada penjaga toko, bahwa Kamu mau mencoba gitar tersebut.
Setelah terpasang pada sound…
Chek Noise pada gitar :
Coba besarkan volume gitar dan tonenya
tapi jangan anda sentuh.
Dengarkan apakah ada suara aneh seperti mendesis atau feed back (seperti suara : wwiiiitttt… kaya tikus kejepit ga ya hehehe…:)
bila itu terjadi maka kamu bisa mengganti dengan gitar yang sejenis, biasanya sih toko punya beberapa stok untuk beberapa model gitar.
5. Sekarang cek kontrol tunenya, coba fullkan putarannya, truz dengerin deh suaranya, apakah terlalu garing atau tidak.
tone yang bagus biasanya memiliki keluaran yang teratur, jadi semakin diputar semakin jelas suaranya….
6. Cek switch, pada gitar biasanya terdapat pick up, ato bahasa kerennya sih spul, untuk fungsinya untu mengubah getaran menjadi suara. Ada berbagai macam gaya pasang pick up, tergantung dari jenis gitar, contohnya: pada gitar fender : 1-1-1
gibson : 1-1
ibanez : 2-1-2
itu juga tergantung jenisnya…
7. Sekarang lihat jarak antara fret dan senar apakah jaraknya terlalu jauh?
apabila ya, maka jangan buru-buru cari yang lain karena pada gitar listrik atau elektrik terdapat setting rahasia supaya jaraknya bisa sesuai…
apabila terlalu jauh maka akibatnya saat kita mainkan akan terasa tanggung, dan keras saat di tekan…
Caranya :
Lihatlah pada neck didekat fret pertama.
Biasanya pada sebuah gitar elektrik ada sebuah lubang yang di tutupi oleh semaca fiber, nah disitulah biasanya dibuka dan di stel supaya benar-benar pas dengan feel kita.
Hanya tinggal kita putar saja dengan kunci L atau kunci ellen.
Tapi tenang saja biasanya si penjaga toko yang turun tangan untuk masalah penyetelan, jadi kamu cukup lihat saja… karena kalau belum biasa biasanya orang agak susah membetulkan yang kaya beginian.

Cara jitu membaca notasi not balok (Sight Reading) dengan cepat!



Membaca notasi not balok adalah keahlian (sight reading skill) yang harus diasah terus setiap saat oleh murid. Bagaimana tidak, begitu kita belajar lagu baru, kemampuan membaca not balok akan mempercepat penguasaan lagu tersebut.  Dari statistik yang ada,  rata-rata murid menemui kesulitan dalam membaca not balok yang disebabkan karena mereka kurang mengetahui cara yang benar, atau guru mereka tidak tahu/kurang me-implementasikannya pada tiap sesi pengajarannya.
Berikut dibawah ini adalah tips untuk mengembangkan "skills" membaca not balok (sight reading) dengan baik:
  1. Observasi kunci (clef), tangga nada (key signature) & tanda birama (time signature).
  2. Lihat keseleruhan dari lagu untuk menemukan hal-hal yang tidak terduga, seperti: perubahan kunci, interval satu oktaf, accidental (#/þ)
  3. Hitung pulse dan ritmiknya! Rasakan pulse pada tubuh kita dengan tap, clap, pat, dan snaps! Pilihlah tempo yang tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat! Rhythm adalah faktor yang sangat penting pada kemampuan sight reading. Karena tanpa rhythm, lagu tidak akan terbentuk dengan baik meski not benar.
  4. Nyanyikan nada dengan "la", "ma", "na" atau alphabet nada "C", "D", "E" dari setiap melodi di tangan kanan dan tangan kiri secara terpisah!
  5. Visualisasikan jari jari sedang bermain diatas tuts piano tanpa membunyikannya, letakkan jari-jari anda diatas pangkuan anda!
  6. Mainkan lagu sambil tetap menghitung dan merasakan pulse sambil mata tetap melihat ke arah partitur!
  7. Nilailah permainan anda sendiri, apakah akurat atau tidak? Bila belum, mainkan sekali lagi dalam tempo yang lebih lambat.
source: Piano Teaching Guide- Dept Pendidikan Nasional,

Tips Cara Cepat Belajar Alat Musik Otodidak




Ada 2 tahap utama dalam mempelajari alat musik seperti belajar harmonica, belajar gitar, belajar sexophone atau belajar flute ini yaitu dengan pengenalan partitur nada dan pengenalan teknik memainkan. Kedua tahap ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal ataupun pelatihan les flute atau flute lessons (short course). Namun keunikan alat musik ini adalah dapat pula dipelajari secara otodidak dengan mem-by pass tahap I (Pengenalan Partitur). Melly Goeslaw (Band Potlot) dan Paul McCartney (The Beatles) merupakan sebagian kecil musisi-musisi besar yang mampu berkreasi tanpa mengenal partitur nada. Berikut ini tips cepat belajar alat musik (les saxophone, les harmonica, les gitar otodidak):

1. Mengenal Jenis Musik. Pada tahap awal gitar lesson dan sexophone lesson ini, Anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-balad, pop-balad maupun alternatif. Mengapa Balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumen dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nada yang dihasilkan, karena berlatih belajar harmonica atau belajar gitar dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord. Lagu-lagu balad dalam belajar sexophone dan belajar flute yang sering digunakan oleh pemula dalam les flute atau les gitar seperti Love of a Livetime (Fire House), Children Cry (White Lion) ataupun Love Of My Life (Extreme). Karena selain lagunya bagus, akan terdengar expert walau sebenarnya sederhana dalam memainkan flute lessons.

2. Memiliki alat musik. Memiliki alat musik memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi Anda dalam menguasai les saxophone atau les harmonica ini. Sebagai contoh gitar lesson, ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar, Anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan

3. Mengenal Chord Dasar. Pada tahap sexophone lesson ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain alat musik dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti Am, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit.

Senin, 20 Juni 2011

kecepatan jari TANGAN SETAN!


ha..............i by frent g anak SMA unngulan di salah satu school yang ada di indreamayu,emang sih kota indramayu terkenal dengan RCTI nya yaitu (rangda cilik turunan indramayu) tapi g tidak putus asa dalam mengejar prestasi hanya karna kota g yang terkenal RCTI nya itu.g adala salah satu siswa yang sangat suka ama alat musik yang namanya gitar,emangsih di zaman saekarang ini sudah banyak yang bisa alat musik yang namanya gutar itu bahkan anak cw banyak yang bisa gitar dan bahkan mereka bikin band sendiri,dan saat g mikirin kaya gitu gtimbul rasa yang sangat keras tidak dapat dirobohkan bahkan oleh stunami sekalipun,di dalam batin g,g harus menjadi pemain gitar sedunia,g tidak mau ada yang mengalahkan g,gma diseluruh dunia mengenal g dengan kecepatan tangan g yaitu TANGAN SETAN tapi semua itu harus dicapai dengan kerja keras dan latihan yang sungguh2.dan g melatih jari g dengan cara
1.anggaplah gitar teman akrab g
2.bikin gitar sebagai alat penghilang rasa sentres g
3.kalo g latihan gitar g ga anggap itu sedang berlati gitar tapi g anggap itu sebuah permainan
4.senam jari dulu sebelum g main gitar
5.sete3lah senam jari,g celbin tangan g ke air panas
6.setelah itu baru g pegang gitar
7.setelah itu baru melatih jari g ke setang gitar
8.dan g senamjari di gitag minimal 9 jam satu hari satu malam
itulah cara g mencapai cita-cita g untuk menguasai semua para pemain musik gitar,tapi bukan itu saja g mencapai impian g,yaitu sambil berdoa agar impian g tercapai.

ATTACK ATTACK BIOGRAPHY

Attack Attack!-photo

Attack Attack! are a 4 piece band from the suburbs of Columbus, Ohio. Featuring Caleb Shomo (Vocals), Andrew Wetzel (Drums), Andrew Whiting (Guitar), and John Holgado (Bass). Attack Attack! started in early 2007 and has morphed over time into the powerhouse it is today. Headlining consistently and being featured on Vans Warped Tour 2 years in a row, the band is obviously in high demand in many territories. They've been credited with starting their very own genre called "Crabcore". They've attracted attention from all over the world and have been featured on Fox News. Many people have been critical of the band, but it would seem that Attack Attack! are only capable of rising upward in the industry. Attack Attack! have already done a successful Australia/New Zealand tour, and are planning to headline all over Europe in the coming months. With the band pushing it's way into markets across the globe. It's safe to say that this band is just getting warmed up.

ASKING ALEXANDRIA BIOGRAPHY



Anggota.
Danny Worsnop - Vocal.
Ben Bruce - Guitar.
Camron Liddell - Guitar.
Sam Bettley - Bass.
James Cassells - Drums.

Meminta Alexandria adalah lima-sepotong Inggris post-hardcore band dari York, Inggris. Band ini memiliki akar di Dubai, UAE, dimana gitaris Ben Bruce memulai band di bawah nama EndofReason. Setelah rekaman album yang belum pernah dirilis berjudul Ironi Kesempurnaan Anda, band ini berganti nama menjadi Meminta Alexandria sebelum menyebutnya sehari.

Ben kemudian pindah kembali ke Inggris, dan beberapa tahun tanpa sebuah band, ia mulai segar dengan anggota baru, meskipun menjaga nama Alexandria. Ben telah menyatakan pada band MySpace-blog bahwa ia adalah penemu nama, bahwa ia masih menyukainya pada waktu dan makna / alasan di balik nama masih tetap, dan karena itu memutuskan untuk melakukan itu di.

Ben juga membuat pernyataan emphesised di posting blog yang sama bahwa Meminta Alexandria saat ini bukan band yang sama yang menulis The Ironi Kesempurnaan Anda, baik dalam gaya maupun anggota.

album debute Meminta Alexandria Stand Up Dan Scream dirilis pada September 2009 15 melalui Sumeria Records dan mereka saat tur AS dengan Alesana, The Bled, Enter Shikari dan Broadway dalam dukungannya. Mereka juga harus dilihat pada tur sekali lagi di AS dengan Evergreen Terrace, Untuk Dreams Fallen dan Unholy pada bulan Oktober dan November.

Joe Satriani Konser DiIndonesia??

Joe Satriani Konser di Indonesia. Kabar gembira bagi para musisi indonesia khususnya gitaris2 lokal. Setelah menunggu kepastian dari pihak promotor, akhirnya Sang Dewa Gitar Joe Satriani pun memberikan kepastian kedatangannya dalam rangkaian tour kawasan Asia. Original Production selaku promotor memilih jadwal konser Joe Satriani 13 Juli 2011 mendatang. Dan kota yang dipilih sebagai saksi aksi panggung sang dewa gitar di dean para penggemarnya adalah Jakarta. Dari pihak promotor belum memastikan venue yang akan digunakan oleh sang Dewa Gitar Joe satriani.
“Iya, itu benar. Mereka (manajemen Joe Satriani) sudah konfirmasi ke kita tentang kesanggupannya (konser di Indonesia),” kata Tommy Pratama, bos Original Production.
“Iya, itu sudah fix, Joe Satriani bakal kesini,” tegasnya lagi.konser joe satriani 300x225 Joe Satriani Konser di Indonesia Juli 2011
Kabar terakhir dari akun  Twitter milik Tommy Pratama, bahwa Konser Joe Satriani kelak akan dimeriahkan oleh penampilan 100 gitaris top lokal Indonesia dan Asia, selama Joe menyelenggarakan tur nya di Asia.
Nah..bagi kalian para fans Joe Satriani jangan lewatkan kesempatan langka ini dengan menonton langsung aksi Joe Satriani di panggung. Apa lagi yang berdomisili di Jakarta, rugi kalau ga nonton.
Berikut kutipan mengenai Joe Satriani.
Joe Satriani adalah sosok gitaris instrumental rock berasal dari Amerika Serikat yang paling berpengaruh saat ini. Beberapa muridnya seperti Steve Vai, Larry LaLonde, Andy Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, dan gitaris Metallica, Kirk Hammet, cukup sukses setelah belajar banyak dari Joe Satriani.

All Of Killing Me Inside

Tentang Personil Killing Me Inside


 
Onadio Leonardo


Leonardo Arya atau biasa yang dipanggil onad adalah cowok kelahiran jakarta 4 january 1990 , Onad memulai karirnya bersama killing me inside sebagai bassis. akhirnya setelah melalui perjalanan yang lama Frontman Band ini yaitu san san memutuskan keluar dari band ini dan bergabung bersama band lain. Akhirnya onad yang maju sebagai frontman band ini dan menjadi vokalis band ini.

Musik : Killing Me Inside, Papa Roach, Viera, Sweet As Revenge, Thirteen, Dream Theater, Blood Cry Angel, Bla Bla Blast, Audiodeath, Kill Of The Dead, Alesana, Alone At Last*, Story About Strawberry, Romeo Want Kill Juliet, Sirena Of Silent Hill, Go Go Sister, Riva Death, So Far So Good, As Dying Him, Aldebaran From The Star, Goodbye Fairy, Chivalry, Tikus Berdasi, Trust Me Naughty, Pee Wee Gaskins, Sound Crispy, Vhelocia, Bring Me The Horizon, Last Child, Mizu, Deadsquad.

Buku : Futuyma
Acara TV : The Simpson

Orang yang masih engga ngerti kehidupan ini. Orang yang masih memikirkan tentang dunia yang aneh ini. Orang yang gemar melamun. Orang yang gemar dengar humor. Orang yang gemar melihat awan. Orang yang mendramatisir. Orang yang gak suka makan nasi dingin. Orang yang gak berani megang ikan. Orang yang sering di pandang aneh. Orang yang sering ditindas. Orang yang selalu menyesal belakangan. Orang yang masih belum bisa maen kelereng. Orang yang masih belum bisa melipat baju dengan bagus. Orang yang mudah tersentuh. Orang yang selalu bertanya kenapa ini dan kenapa itu. Orang yang tertutup. Orang yang pendiam. Itu semua AKU.

Banyak hal yang seru dari album kedua Killing Me Inside (Killms) yang sebentar lagi bakalan rilis. Selain dengan materi baru, ternyata di album tersebut Onad nggak hanya bertugas mengisi vokal, tetapi doi juga balik mengisi bass, Seperti yang kita tahu, posisi Onad sebelum di vokal memang menjadi seorang bassis. Hal tersebut terjadi ketika album pertama berjalan dan ketika itu vokal masih diisi oleh SanSan yang kini berada di Pee Wee Gaskins.
"Rekaman kemaren seru juga sih. Apalagi kemaren gue balik lagi mengisi bass buat album ini. seru deh pokoknya!" paparnya beberapa waktu lalu





 
Onadio pernah mempunyai hubungan special selama 3 tahun sama vocalis WIDY VIERRA. Tapi hubungan itu kandas pada bulan Desember 2009. anehnya walaupun dia berkelakuan kayak cewek, tapi masih banyak aja cewek2 yg ngefans sama dia. dan juga hanya dia yg udah bikin WIDY VIERRA NANGIS GA KARU-KARUAN.












 
Dan cewek di foto ini adalah pacar Onadio yang sekarang <pengganti Widy Viera>. Nama pacarnya Noni Schwarz. Noni dan Onadio hanya berselisih umur satu tahun.










Seakan gerah dengan gosip yang beredar belakangan, akhirnya frontman Killing Me Inside ini buka mulut untuk menklarifikasi. Pasalnya rumor yang beredar memang cukup bikin nggak enak hati. Kelar pacaran dengan Widy Vierra beberapa waktu lalu, banyak yang bilang kalo Onad adalah gay. Tapi semuanya gosip kok. karena faktanya Onad seratus persen normal dan sekarang udah menjalin hubungan dengan seorang cewek lagi.
"Gue agak risih aja dengan rumor yang ada belakangan. Nggak hanya buat gue, tetapi juga buat semua orang di sekitar gue. Semuanya nggak bener. Yang jelas gue normal kok, sama aja kayak cowok kebanyakan," paparnya spontan.
"Nggak ada pengaruhnya juga terhadap gestur dan gaya berpakaian gue, menurut gue semuanya normal. Kalo soal itu semuanya sah terpengaruh dengan vokalis idola gue, Tyson Ritter dari All American Reject. Yang jelas gue tekankan lagi kalo gue bukan gay," tambahnya lagi.
See.. Buat yang penasaran soal rumor ini, semuanya sudah terjawab kan. So , kalo muncul lagi gosip serupa? Jangan percaya deh!







 

Josaphat Klemens


Josaphat Klemens N.A. atau biasa dipanggil "Josaphat", adalah Seorang gitaris Dari KILLING ME INSIDE atau KILLMS.
Hingga kini sudah mengeluarkan debut album " A Fresh Start For Something New ". dan "Moving on" yg merupakan single terbaru untuk album berikutnya
Dari Keseluruhan Lagu2 KILLMS Josaphat Adalah Music Arranger bagi KILLMS dan sedang berkarya untuk album terbaru. Lahir tanggal 31 Desember 1987.

Perguruan Tinggi : Universitas Katolik Parahyangan ‘06

SMA : SMA Kolose Gonzaga ‘03

Agama : Christian-Catholic

Musik : Killing Me Inside, The Moffats, For Revenge, Kill Of The Dead, The Junkies New Popular, The Vintage Glasses, The Super Insurgent, L.A. Chord, Wrath Boys, Lastjanuary, Green Day, What Happens In Vegas, Don’t Care Condition, Medika, Suicide Nightmare, Fruitty Fresh, xxNothing Last The, Suicide For Everything, #Gengsederhana, Bla Bla Blast, Last Child, The X-Friends And SKA, Vanila Monzta And Monzta Family, The Dumberdumb, S.I.D., W1ldbom, Pee Wee Gaskins, Viera, Boa

Buku : Death Notes

Film : 2012, Boys Before Flower

Acara TV : Opera Van Java, Dahsyat, Spongebob Squarpants

Gitaris yang satu ini lagi sumringah. Bukan hanya gara-gara album terbaru Killms yang mulai merajalela, tetapi juga doi yang baru aja dapet pacar baru. Nggak cuma satu, tapi dua sekaligus yang terlacak dengan nama Cassandra dan Secile. Tenang saja, nggak usah cemburu, pasalnya kedua pacar baru  tersebut berupa senjatanya ketika maju bersama Davi dan Onad yaitu gitar.
"Gue baru dapet dua gitar baru. Satu gitar custom lokal model Les Paul yang spesial dibikin untuk gue dan terisi dengan spek sesuai dengan keinginan gue. Dan satu lagi Les Paul Gibson USA yang gue titip dari teman gue dari Amrik sana. Wah, lagi seneng banget deh gue! Nggak sabar buat pakenya," papar Josaphat.




Kenapa ada gambar yoghurt disini? Masih inget dengan bisnis yoghurt sampingan Josaphat? Seiring berjalannya bisnis tersebut ternyata banyak pelajaran yang diambil gitaris dari Killms ini. Nggak lain soal ketegasan dalam berbisnis. Semuanya berujung di kala doi nekat memecat pegawainya yang nggak bener dalam bekerja.
"Sebenernya nggak enak juga sih memecat pegawai. Ada perasaan gimana gitu. Tapi itu juga sudah melalui konsultasi sama bokap. Habisnya mau gimana lagi, namanya juga demi kelangsungan usaha. Sekalian belajar jadi orang yang tegas," paparnya lagi.
Waduh, Josaphat nggak hanya sangar di panggung. Di warung juga! 







Davi Frisya


Davi Frisya Wahab kelahiran Jakarta 25 Januari 1992. Drummer dari KILLING ME INSIDE.

Banyak persiapan yang dilakukan oleh para personil killing me inside (killms) dalam menyambut album barunya. Selain mempersiapkan mental, penampilan juga harus dibenahi. Kayak Davi yang rela memotong rambut panjang yang dipeliharanya selama ini. Hal tersebut terlihat ketika killms tampil di gelaran Green Sand Hai Online Minimum Stage hari Minggu (27/6) lalu di Pisa Cafe Mahakam, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.
"Sebenernya sayang banget dipotong, tapi kayaknya gue memang butuh sesuatu yang bikin gue fresh deh. Salah satunya balik lagi ke rambut pendek. Enak banget, kepalanya jadi enteng!" ujarnya semangat.

Tapi sekarang rasanya rambut Davi ini udah mulai panjang. Saat dia tampil di Gor Merdeka Sukabumi (16/1), dia beraksi bersama steak drum dan juga rambut panjangnya.

cara belajar vocal scream

klo loe pngen blajar ocal scream jangan terburu-bru bro..
nih gue kasi loe step-step buat blajar scream vocal:

1. Relax.
Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.
Misal:
ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.
Bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.
Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak.
Itu sangat membantu proses relaksasi.
2. Tes potensi dengan latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Ingat, rahang harus relaks.

A i u e o

latihan diafraghma:

huruf k-ch-k-ch-sssst-th. Dengan tempo cepat.
Ho-ho-ho...ha-ha-ha

lalu latihan wilayah nasal (hidung):
"nya-nya-nya" dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidung.

Lalu latihan bibir
nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal
"brrrrr-brrrr-brrr-brrr"
nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.

Latihan lidah
"la-la-la. Ra ra ra, tatata."

(biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada, arpeggio.)

3. Setelah sudah relaks, kamu baru boleh nyanyi.
Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik, klo emang belum bisa lebih baik ikutlah kelas
bimbingan pribadi untuk bidang musik.









Tips Nyatuin Band Lagi.

Anak Band, rentan dengan perpisahan, bubar ditengah jalan juga ada yang bilang anak band ibaratnya orang yang sedang berpacaran, cocok-cocokan jika jodoh mereka akan terus lanjut mungkin sampai mencapai sukses yang mereka inginkan, tapi ada juga anak band yang bubar ditengah jalan, lalu mereka mencari lagi personil-personil yang baru yang mereka anggap sesuai dengan karakter anak band.




Begitu beragamnya permasalahan yang dialami oleh anak band dan hal itu bisa diakibatkan berbagai macam faktor yang ada disetiap anak band yang sedang merintis jalur kesuksesan.

Tapi memang itulah faktanya yang terjadi di dunia Anak Band, itu semacam HUKUM ALAM bagi semua Anak band, dimana barangsiapa yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka kemungkinan besar untuk meraih kesuksesan semakin besar, karena Anak Band sudah teruji mentalnya, sudah mengalami pahitnya berjuang di jalur musik.

Dan jika Anak Band tidak bisa melalui dan menyelesaikan permasalahan dengan dengan baik maka akan tersingkirkan dari persaingan Band-band yang muncul begitu pesat.

Disini RACHER mencoba memberikan Tips yang semoga bermanfaat bagi Anak Band khususnya dalam merintis karirnya di dunia musik :

1. Anak Band harus mempunyai VISI yang jelas

Kenapa Anak Band harus memilki VISI ??
Visi adalah Pandangan ke depan tentang sesuatu yang ingin anak band capai, Gambaran tentang masa depan, Impian tentang sesuatu yang anak band bayangkan dan berakhir dengan kesuksesan yang akan diraih. Hal itu perlu dimiliki oleh Anak Band agar ada tujuan yang dicapai. Visi diibaratkan seperti "bahan bakar dalam mobil", mobil tanpa bahan bakar tidak dapa t bergerak maju.

Anak Band dalam suatu BAND harus memiliki VISI yang sama disetiap personilnya, kenapa?? karena jika salah satu personil memilki tujuan yang berbeda , dipastikan dia tidak dapat ikut bersama-sama mencapai tujuan yang telah disepakati bersama oleh personil lain dan lebih extremnya lagi Band tersebut dapat bubar.

Visi tersebut harus tergambar jelas pada setiap personil, dan untuk meraihnya anak band harus bisa menyusun puing-puing gambar yang tercerai berai untuk dapat meraihnya selangkah demi selangkah yang pada akhirnya keseluruhan gambar/mimpi yang tadinya hanya khayalan semata bisa diraih secara nyata digenggaman tangan anak band, dan saya tegaskan "Anak Band semua dapat melakukannya, tak ada yang tidak mungkin"

2. Saling Bekerjasama

Bekerjasama untuk mencapai tujuan sangat diperlukan, pebagian tugas untuk mencapai tujuan sangat diperlukan jika band tersebut belum memiliki seorang manager, karena tugas anak band dalam mencari jam terbang jadi harus dilakukan sendiri oleh anak band.

3. Saling Menghargai
Ini hal yang sangat penting bagi anak band, terkadang anak band ada tidak saling menghargai satu sama lainnya, ini terjadi biasanya pada hal teknik skill permainan dalam bermusik, terkadang dalam satu band ada saja saja personil yang kurang yakin akan skill salah satu personil lainnya sehingga si personil tersebut seakan kurang dihargai permainannya, itu bisa menjadi awal perpecahan suatu band. Hal yang penting bisa saya ingatkan bahwa"jangan ada yang merasa lebih diantara personil yang lain".

4. Saling Percaya

Kepercayaan diantara personil harus terus dijaga, setiap personil anak band sudah mempunyai porsinya masing-masing, baik dia vokal sudah bertanggung jawab atas dirinya sendiri, pemain gitar dan yang lainnya, harus bertanggung jawab pada posisinya masing2 dan terus meningkatkan profesional diri sehingga menjadi Band Profesional secara keseluruhan.

5. Saling Terbuka
Jangan ada pembicaraan tanpa melibatkan personil lain, jadi semuanya tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi apalagi membicarakan segala kekurangan personil anak band lainnya dibelakng sepengetahuan anak band yang bersangkutan , hal itu tentu saja membuat gap diantara anak band sendiri, jadi intinya segala sesuatu harus dibicarakan secara terbuka dan tansparan dan keluarkan segala unek-unek .
Sebenarnya didalam anak band yang sudah memiliki group band yang solid patut disyukuri, coba kembangkanlah sikap kekeluargaan diantara personil, sebenarnya didalam band bukan hanya mencari tujuan mendapat kesuksesan , tapi jika anak band bisa menjaga kekeluargaan sebenarnya hanyalah efek positif dari keberhasilan anak band menjaga silaturahmi antara personil band itu sendiri.

Kenapa Band Indie Cepet Bubar??

Ada band bagus, punya karya yang bagus, konsep yang bagus, tapi manajemennya gak bagus, dalam artian manager cuma formalitas, job gak ada, personil gak eksis, ide-ide akhirnya menuju jalan buntu, alhasil bandnya bubar.

Ada band bagus, karya yang bagus, konsep bagus, salah satu personil merangkap leadernya nya cukup eksis dikenal banyak orang, job mulai banyak, meskipun rata-rata gak dibayar, karena kebanyakan diajak atas dasar pertemanan, selalu gonta-ganti manager karena nyari yang bener-bener mau bekerja untuk band susah banget, meskipun akhirnya gak ada manager. personil alias leadernya cape sendiri, maen sering tapi gak ada timbal balik nya, cuma kepuasan batin aja, trus band nya bubar juga pada akhirnya.

Ada band bagus, karya yang bagus, konsep bagus, salah satu personil merangkap leadernya nya cukup eksis dikenal banyak orang, job mulai banyak, punya manager, karena bandnya bagus, selalu pasang harga tinggi, gak mau main gratisan even untuk promosi, sekali dua kali berhasil, tapi lama kelamaan orang mulai bosan, meskipun lagu-lagu baru banyak, tapi tetap manager gak mau nurunin harga perform, akhirnya bandnya mulai jarang manggung, dan bubar..

Ada band biasa saja, baik itu karya maupun konsepnya, punya manager handal, bahkan personilnya gak perlu sampai ikut-ikutan promosi, semua ada manager yang ngerjain. Tapi karena karyanya yang ‘biasa saja’ dan permintaan manager yang gak mau bandnya gratisan, harga yang terlalu tinggi, namun diimbangi dengan kualitas permainan yang biasa saja maka bandnya sepi job, jarang manggung, akhirnya personilnya cabut satu persatu, dan bandnya bubar juga.

Ada band yang jelek banget, baik dari segi musik maupun kualitas permainan, tapi punya manager yang handal banget, selalu bisa ngelobi untuk bandnya tampil, dengan bayaran fleksibel, yang penting dapet duit, dan bandnya tetep eksis, pemikiran manager berbalik, semakin jelek band ini, semakin buruknya rumor yang beredar di masyarakat jutru semakin melambungkan nama band, dan anehnya semakin eksis pula mereka dari panggung ke panggung.

Kenapa bisa kaya gt ya?
Lalu dua orang teman saya berdebat satu sama lain..

Sebenernya mana yang harus didahulukan dalam sebuah band?

Karya yang bagus?
(kenapa band-band terkenal pasti personilnya rata-rata sudah ‘berumur’? apakah umur yang matang baru membuat mereka menghasilkan karya yang bagus?)

Eksistensi personil?
(gue eksis di temen-temen seumuran, tapi tetep aja band gue gak maju-maju, mau buat acara mahal modalnya, nyewa alat, tempat, segala macem, sponsor distro, duh hari gini mana mau ada yang ngasih duit.)

Skillfull player?
(Yah, orang-orang yang ber-skill gak mau diajakin susah, mereka maunya langsung major label, dapet produser, trus dibayar)

Cari manager yang bener-bener mau susah sama-sama, me-manage band ‘mah bisa sembari jalan?
(emang ada orang kaya gt, kalo pun ada pasti jarang banget, yang mau jadi manager band baru pasti temen-temen sendiri, itu juga jadi manager cuma buat gaya-gayaan aja)

Fans base yang kuat?
(klo fans basenya temen-temen doang gmana? Klo pun ada orang luar yang nonton itu pasti acara gratisan, klo pake tiket box, yang dateng sepii banget.)

Merilis album?
(boro-boro, brapa duit tuh? minta duit buat latian aja susah..)

Performance fee?
(gue sih diajak maen aja udah sukurr, tapi males juga gue gini-gini terus, ongkos bensin gak ada, makan aja gak dapet, klo mau nolak malah n’tar band gue gak diajak maen lagi, yang satunya berkata, band gue udah rilis album, masa maen gak dibayar? Klo pun dibayar kok cuma segitu sih?)

Lalu solusinya?

Memang musik itu berasal dari hati, tapi kadang-kadang seseorang bisa jenuh bukan?

Semua pasti menuntut sesuatu yang lebih baik, minimal ada timbal balik, karena semua ini adalah take and give menurut saya.

Hal seperti ini yang membuat kebanyakan band (terutama indie) tidak bertahan lama, dan akhirnya bubar.

Atau mungkin harus melakukan seperti kebanyakan teman-teman bekerja sambil bermain band, jadi jadikan band itu sebagai sampingan / hobby?

Saya sendiri banyak belajar dengan band – band lain,
Belajar bagaimana pentingnya manajemen band dari The Upstairs
“How to make a good relationship with everyone” dari Ballads of the Cliché
Bagaimana menghasilkan karya musik dan visual yang total dari White Shoes and the Couples co.
Bagaimana mencetak cover flyer dan poster dengan biaya murah namun hasil maksimal dari The Sabotage.
Bagaimana merajai promosi di dunia maya dan menjalin hubungan dengan band luar dari thedyingsirens dan Everybody Loves Irene
Bagaimana memelihara keharmonisan antar personil dari D’zeek.
Bagaimana menulis lirik bahasa Indonesia yang baik dan tidak kacangan dari C’mon Lennon dan Efek Rumah Kaca.

Dari mereka saya banyak belajar,
Saya sendiri belum bisa memberikan solusi terhadap perdebatan teman-teman saya diatas, karena semua tidak datang begitu saja.

Do your best and God will do the rest!

Asal Usul Hardcore Music???

musik Hardcore..???????

Hardcore punk (terkadang disebut Hardcore saja) merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970an. Sound baru ini yang merupakan ciri khas musiknya secara umum yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock awal.[1] Tipikal lagu biasanya sangat pendek, cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat, kekerasan, pengasingan diri dari sosial, straight edge, perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri[
Hardcore punk Indonesia
Musik Hardcore sudah eksis di Indonesia pada tahun akhir 1980-an. Dengan fenomena yang ada menyebabkan sebagian dari punker mulai melahirkan scene-scene hardcore punk. Sehingga musik hardcore di Indonesia sangat kental dengan warna punk.
Dikarenakan masih sangat sedikitnya scene hardcore maka scene terbagi menjadi dua kaum, yaitu kaum individu yang lebih suka menikmati musik Hardcore dengan sosialisasi yang secukupnya dan kaum yang sangat suka bersosialisasi (membaur dengan komunitas punk). Hal ini terjadi sampai sekitar pertengahan tahun 90-an. Tahun 90-an bisa dibilang tahun musik Hardcore di Indonesia dan puncaknya pada akhir tahun 1990 ditandai dengan mulainya pertunjukan-pertunjukan di berbagai tempat menampilkan 100% band hardcore (yang sebelumnya selalu mencampur dengan band punk) dan kemudian musik hardcore mulai membaur dengan melodicore.
Dengan semakin banyaknya band hardcore bersamaan pula munculnya records D.I.Y yang menyalurkan kreatifitas band seperti pinball records dan ffgrecords. Di Indonesia kota Jakarta adalah kota yang memiliki banyak band hardcore, untuk di kota lain umumnya hardcore dibawa dan berkembang dari individu anak Jakarta yang kuliah di luar kota ataupun bekerja. Band Hardcore Jakarta antara lain adalah Anti Septic, Triple X, Straight Answer, Dirty Edge, Popcorn, Sugesti X, Secret Agent. Depok juga memiliki DC crew: Thinking Straight dan juga band-band depok lainnya yang mayoritas mengusung oldschool hardcore punk.
Setelah era oldschool, hardcore amerika, hardcore oldscholl eropa ke newschool maka dimulailah hardcore yang di dominasi dengan musik lebih kental musik metalnya seperti Jumbo Jet bahkan emo, hingga saat ini (tahun 2000-an).

Cara Buat Band Biar Band lu isa exis

ini sudah nggak terkira dari mulai cabut sekolah, ngebohongin orang tua, sampai di putusin cewe gara - gara lebih mentingin ngeband. Dan lu kemudian berfikir apa sih ? Yang belum gue lakuin untuk membuat Band gue maju sambil mengeluarkan kata - kata ANJING lah, BABI lah, Nge***tot lah, TAI lah, BANGSAT lah dan kata - kata yang sangat terpuji lainnya. STOP !!! Semua dengan caci maki itu, sekarang mari ikuti solusi di bawah ini yang mudah - mudahan membuat Band anda, yaaa paling ngga sedikit ngetop & Suckses lah ya..!
1. CARI PERSONIL YANG SEHATI
Lihat personil kamu apakah sudah sesuai dengan harapan kamu, kalau belum ! jangan ragu 2x untuk mengeluarkannya karena jangan 2X penyebab dari ketidakmajuan Band kamu adalah dari salah satu personil Band kamu, kemudian gantilah dia dengan personil yang memang benar - benar sesuai dengan harapan kamu.

2. BUANG RASA SIFAT EGOIS KAMU
Mungkin kamu adalah seorang leader / orang yang paling berkuasa dalam band kamu, tapi bukan berarti mentang 2X kamu seorang pemimpin kamu menjadi orang yang sangat arogan & egois karena siapa tahu di balik wajah 2X personil kamu yang terkadang me nyebalkan itu, terdapat pemikiran & ide 2X yang sangat brilian yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, jadi biar lah personil kamu mem beri saran, masukan, kritikan ( selagi dia me lakukannya dengan enak, nggak asal ngoceh & tentunya dengan alasan yang bagus ) siapa tahu dengan ide - ide gokil personil kamu Band kamu bisa menjadi maju.

3. SEBARKAN DEMO KAMU SECARA GRATIS
Dari pada Demo busuk lu, yang kalian anggap bagus itu di simpan di kulkas & belum ke sampain untuk di jadikan Album, lebih baik beri Kan saja secara cuma 2X kepada teman kamu terutama teman yang benar 2X peduli dengan Band kamu, & kalau bisa berikan Demo ter sebut kepada label yang biasa mengorbitkan Band menjadi terkenal.

4. BUAT GIGS KECIL - KECIL AN
Bikin acara yang nggak terlalu besar, yaa..! Tempatnya bisa dimana aja, kalo perlu nggak usah pake panggung yang penting dalam Gigs tersebut promosikan Band kamu secara gila - gilan & undang semua orang untuk datang, untuk melihat Aksi Band kamu yang super keren itu.

5. CARI KONEKSI YANG PASTI
Dari semua sumpah serapah yang di jelaskan, point terakhir ini merupakan hal yang paling penting, dekati orang 2X yang benar - benar bisa membuat Band kalian maju tapi jangan terperangkap dengan koneksi 2X yang nggak jelas, yang kadang hanya membuat Kas Band kamu menjadi bangkrut maka pintar 2X lah mencari koneksi, pokoknya lu harus jago selap - selip lah. Tapi bukan berarti mencari koneksi nya dengan cara menjilat pantat mereka ( koneksi tersebut ) karena itu sama saja men jatuhkan Harga diri lu & menjatuhkan nama baik Band lu, selanjutnya terseeeerahh lu lah

Rabu, 15 Juni 2011

fruity loops 8.0

FL Studio 10.0
http://fl-studio.en.softonic.com/

Fruity loops 8
http://www.toontrack.com/products.asp?item=69&gclid=CN2w6IziuakCFQF66wodvDpl-A

Selasa, 07 Juni 2011

lirik lagu

Bintang Hidupku
oleh: Ipang



Aku slalu bernyanyi
Lagu yang engkau ciptakan
Kau nyanyikan
Dan aku slalu ikuti
Semua cerita tentangmu
Hari-harimu

Kau... Jadi inspirasiku
Smangat hidup
Dikala aku sedih
Dikala aku senang
Disaat sendiri dan kesepian
Kau bintang di hatiku

Apapun yang kau lakukan
Baik dan buruk bagiku
Tetap indah
Tak satupun alasan
Untuk melupakanmu
Meninggalkanmu

Aku slalu
Berdiri mendukungmu
Dikala engkau terbang
Dikala engkau jatuh
Sampai mati
Ku kan tetap setia

Aku slalu
Berdiri di blakangmu
Di kala kau dipuja
Di kala kau dihina
Sampai mati
Ku kan tetap membela

Kau tetap bintangku
Kau superstarku 
 
 
  • Tentang Cinta


    Sekilas tentang dirimu
    Yang lama ku nanti
    Memikat hatiku
    Jumpamu pertama kali
    Janji yang pernah terucap
    Tuk satukan hati kita
    Namun tak pernah terjadi
    Mungkinkah masih ada waktu
    Yang tersisa untukku
    Mungkinkah masih ada cinta di hatimu

    Andaikan saja aku tahu
    Kau tak hadirkan cintamu
    Inginku melepasmu dengan pelukan

    Sesal yang datang selalu
    Takkan membuatmu kembali
    Maafkan aku yang tak pernah tahu
    Hingga semuanya pun kini tlah berlalu

    Maafkan aku
    Maafkan aku

    Mungkinkah masih ada waktu
    Yang tersisa untukku
    Mungkinkah masih ada cinta di hatimu

    Andaikan saja aku tahu
    Kau tak hadirkan cintamu

    Inginku melepasmu dengan pelukan
    Inginku melepasmu dengan pelukan